PERKEMBANGAN EVOLUSI KOMPUTER

Posted: Februari 22, 2011 in Uncategorized

PERKEMBANGAN EVOLUSI KOMPUTER

1. Sebelum tahun 1940

  • Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1822, Babage berhasil menciptakan Mesin Differensial.
  • Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
  • Pada masa berikutnya Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
  • Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
  • Howard  Aiken  memperkenalkan penggunaan mesin elektromakenikal yang disebut dengan nama Mark I pada tahun 1937.

2. Setelah tahun 1940

Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dapat dibedakan menjadi 5 generasi, yaitu :

Komputer generasi pertama Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung

vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk

menjalankan operasi keseluruhan komputer, ukuran komputer generasi pertama ini sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.

Beberapa computer generasi pertama :

1.ENIAC Computer. 2.EDVAC Computer. 3.EDSAC Computer.

Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1947, Transistor ditemukan di Lab. Bell oleh William Shockley. Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai

pada tahun 1956. Dimana transistor memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Lebih kecil
  • Lebih ringan
  • Disipasi daya lebih rendah
  • Solid State device
  • Terbuat dari silikon Silicon (Sand)

Beberapa computer generasi

kedua :

1. IBM 7094 2. DEC PDP 1

Komputer Generasi Ketiga Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli

tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.

Beberapa computer generasi

kedua :

1. IBM 360 2. DEC PDP-8

Komputer Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. LSI dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, VLSI memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. ULSI meningkatkan jumlah tersebut

menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang

setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip yang sangat kecil.

Komputer generasi kelima ( masa depan )

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima antara lain kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

 

sumber : http://id.wikipedia.org dan http://www.google.co.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s